Berisi semua info tentang pendidikan yang akurat dan berita terkini yang tentunya berhubungan dengan pendidikan.

Thursday, 20 October 2016

Contoh Soal UTL Pedagogik PLPG 2016 Guru Kelas SD


Salam seperjuangan, kali ini saya mencoba membagikan Contoh Soal UTL (Ujian Tulis) Pedagogik PLPG 2016 Guru Kelas SD untuk para peserta PLPG khusunya Guru Kelas SD. Silahkan simak soal di bawah ini :

Soal:
  1. Jelaskan mengapa guru harus memahami kemampuan awal peserta didik, sebelum melaksanakan pembelajaran?
  2. Bagaimana cara seorang guru mengidentifikasi kemampuan awal dalam aspekn inteligensi peserta didik?
  3. Jelaskanlangkah-langkah identifkasi kesulitan belajar?
  4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan peserta didik underachiecer?


Jawaban :

  • Untuk mengetahui seberapa jauh terdapatnya kesamaan individual antara peserta didik dalam taraf kesiapannya, kematangan, serta tingkat penguasaan dari pengetahuan dan keterampilan dasar sebagai landasan bagi penyajian bahan baru. Dapat mempertimbangkan dalam memilih bahan, prosedur, metode, teknik dan alat bantu belajar-mengajar yang sesuai. Memperoleh informasi mengenai prestasi atau hasil pencapaian yang nyata sebagai pengaruh dari proses belajar-mengajar
  • Guru dapat mengidentifikasi kecerdasan peserta didik dengan mengamati cepat atau lambatnya menyelesaikan tugas pekerjaannya dibandingkan dengan peserta didik lainnya dalam kelas atau kelompok sebayanya. Berdasarkan kecepatan mereka menyelesaikan tugas, peserta didik dibagi ke dalam 3 kelompok. Peserta didik yang cenderung selalu lebih cepat dan mudah menyelesaikan tugas pekerjaannya (accelerated students), peserta didik yang cenderung selalu mencapai hasil rata-rata (average students), peserta didik yang cenderung selalu mencapai hasil lebih rendah dari prestasi kelas atau kelompoknya dan hampir tidak pernah dapat menyelesaikan tugas pekerjaannya sampai batas waktu yang ditetapkan (slow learner)
  • Langkah-langkah identifikai kesulitan belajar :

          a). Identifikasi kasus Berdasarkan informasi data prestasi dan proses belajar. Menandai peserta                 didik yang diduga mengalami kesulitan belajar
           b). Identifikasi masalah
                Menandai dan melokalisasi di mana letak kesulitan
           c). Identifikasi faktor penyebab kesulitan
                Menandai jenis dan karakteristik kesulitan dengan faktor penyebabnya
  • Underachiever adalah peserta didik yang memiliki prestasi belajar di bawah kemampuan intelektualnya (intelegensi). Peserta didik gagal mencapai prestasi belajar sesuai kapasitasnya.
Demikian sekilas info, semoga bermanfaat.


1 comment: